Apakah boleh kita mengisi daya Laptop seharian?

Question

saya punya laptop gamer Asus Tuf F15 , laptop ini saya pakai untuk main game, apakah bisa terus menerus peengisian daya tidak di lepas, karena jika sedang main. game akan merepotkan jika terus memasang dan melepas colokan daya.

in progress 0
Anonymous 2022-08-28T19:18:18+08:00 1 Answer 9 views 0

Answer ( 1 )

    0
    2022-08-28T19:19:05+08:00

    Penting untuk memahami dasar-dasar cara kerja baterai lithium ion (Li-ion) dan Lithium polymer (LiPo) standar di perangkat modern. Ada banyak mitos baterai di luar sana.

    Tidak ada cara untuk “mengisi ulang” baterai ini. Saat Anda mengisi daya hingga 100% dan membiarkan laptop tetap terhubung, pengisi daya akan berhenti mengisi daya baterai. Laptop hanya akan berjalan langsung dari kabel daya. Setelah baterai habis sedikit, pengisi daya akan masuk ke gigi lagi dan mengisi baterai. Tidak ada risiko merusak baterai dengan mengisi daya melebihi kapasitasnya.

    Semua Baterai Aus Seiring Waktu (Karena Beberapa Alasan)

    Baterai laptop Anda akan selalu aus seiring waktu. Semakin banyak siklus pengisian daya yang Anda lakukan pada baterai, semakin lama baterai akan aus. Baterai yang berbeda memiliki peringkat yang berbeda, tetapi Anda sering dapat mengharapkan sekitar 500 siklus pengisian penuh.

    Iklan

    Itu tidak berarti Anda harus menghindari pemakaian baterai. Menyimpan baterai pada tingkat pengisian daya yang tinggi tidak baik untuk itu. Di sisi lain, membiarkan baterai habis hingga benar-benar kosong setiap kali Anda menggunakannya juga buruk. Tidak ada cara untuk memberi tahu laptop Anda untuk membiarkan baterai sekitar 50% penuh, yang mungkin ideal. Selain itu, suhu tinggi juga akan membuat baterai lebih cepat aus.

    Dengan kata lain, jika Anda akan meninggalkan baterai laptop Anda di lemari di suatu tempat, akan lebih baik untuk meninggalkannya pada kapasitas terisi sekitar 50% dan pastikan lemari itu cukup dingin. Itu akan memperpanjang masa pakai baterai.

    Lepaskan Baterai untuk Menghindari Panas, jika Anda Bisa

     

    Inilah satu hal yang jelas: Panas itu buruk. Jadi, jika laptop Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda mungkin ingin melepas baterai dari laptop jika Anda berencana untuk membiarkannya terpasang untuk waktu yang lama. Ini akan memastikan baterai tidak terkena semua panas yang tidak perlu.

    Ini paling penting saat laptop berjalan sangat panas—seperti laptop gaming bertenaga yang menjalankan game PC yang menuntut, misalnya. Jika laptop Anda berjalan cukup keren, Anda tidak akan melihat banyak manfaat dari ini.

    Tentu saja, banyak laptop modern tidak lagi memiliki baterai yang dapat dilepas, jadi tip ini tidak berlaku dalam kasus tersebut.

    Tetapi Haruskah Saya Membiarkannya Tercolok atau Tidak?

    Pada akhirnya, tidak jelas mana yang lebih buruk untuk baterai. Membiarkan baterai pada kapasitas 100% akan mengurangi masa pakainya, tetapi menjalankannya melalui siklus pengosongan dan pengisian ulang yang berulang juga akan mengurangi masa pakainya. Pada dasarnya, apa pun yang Anda lakukan, baterai Anda akan aus dan kehilangan kapasitas. Begitulah cara kerja baterai. Pertanyaan sebenarnya adalah apa yang membuatnya mati lebih lambat.

Leave an answer

Browse
Browse

Choose from here the video type.

Put here the video id : https://www.youtube.com/watch?v=sdUUx5FdySs Ex: 'sdUUx5FdySs'.

By answering, you agree to the Terms of Service and Privacy Policy.